Laman

Senin, 14 Januari 2013

Tips Sehat Tanpa Mahal


"Berkumur dengan air garam dapat menurunkan peradangan, menyembuhkan infeksi dan menguatkan gusi. Ambil garam dapur 3,75 gram masukkan ke dalam 250 ml air minum hangat. Lalu berkumurlah selama 1 menit sehari dua kali sehabis makan dan sebelum tidur"


 Campuran kencur dan sedikit jahe bisa mengobati batuk dan tenggorakan gatal. Caranya parut kencur dan jahe kemudian ditambah air lalu diperas dan ambil sarinya, tambahkan garam sedikit. "


"Makanlah tape singkong yang benar-benar masak (sangat lembek) secara rutin 3 kali sehari. Lakukan kebiasaan ini untuk mengobati ambeien/wasir walaupun gejala ambeien sudah menghilang. Beberapa literatur menyebutkan bahwa tape dari bahan lain seperti tape ketan putih atau tape ketan hitam juga bisa mengobati ambeien,bahkan ambeien yang sudah parah sekalipun. Konon ragi yang terkandung pada tape bisa menyehatkan pencernaan dan saluran pembuangan."


 Salah satu cara mengobati diabetes adalah dengan mengunakan kedelai hitam. Caranya 1 genggam biji kedelai hitam direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring untuk diambil airnya, diminum 1 kali sehari 1 gelas dan dilakukan secara rutin setiap hari. "


"Salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk bronkitis dan penyakit paru-paru adalah penggunaan bubuk kunyit. Setengah sendok teh bubuk ini harus diberikan dengan setengah gelas susu, dua atau tiga kali sehari. Akan memberikan hasil terbaik bila diminum pada saat perut kosong."


"Dalam buah apel kaya dengan mineral. Mineral yang bersemayam dalam buah apel salah satunya adalah magnesium, kalsium, zinc, zat besi dan potasium. Mineral tersebut sangat baik untuk kesehatan tulang. Di samping itu apel memiliki kandunganyag disebut phloridzin. Kandungan tersebut mempunyai manfaat untuk melindungi wanita pasca-monopause dari masalah osteoporosis. Juga dapat meningkatkan massa tulang. Kandungan lain dari apel adalah Boron, juga berfungsi untuk memperkuat tulang."


 Alternatif lain untuk menghilangkan bekas cacar adalah dengan membuat ramuan kacang hijau. Caranya cuci dan rendam kacang hijau hingga kacang tersebut membengkak/membesar. Setelah itu ditumbuk hingga halus lalu diusapkan pada bekas cacar."


"Banyak orang bilang makan nasi di malam hari akan membuat Anda gemuk. Faktanya, makanan karbohidrat tinggi yang dicerna untuk membentuk glukosa termasuk beras atau gandum. Makanan ini harus dimakan pada malam hari, sehingga setelah mereka dicerna glukosa yang diserap ke dalam darah akan lebih mudah diubah menjadi energi. Makanan ini tidak boleh dikonsumsi pada siang hari, karena glukosa lebih mudah mengonversi menjadi lemak."


Rajin mengkonsumsi kacang hijau, baik itu yang direbus atau yang sudah dibuat bubur kacang hijau dapat memeperlancar ASI bagi ibu yang lagi menyusui dan memperkuat jaringan akar rambut sehingga rambut tidak mudah rontok. Makanan ini mengandung vitamin B1, protein, fosfor, tiamin, mangan, kalium, magnesium, asam folat. Selain mampu memproduksi banyak ASI, kacang hijau dapat mencukupi kebutuhan protein dan energi."


 Kenapa kita dianjurkan minum minimal 8gelas perhari? Menurut Dokter Terawan Agus Putranto, ahli radiologi intervensi Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta, faktor dehidrasi jauh lebih jahat ketimbang kolesterol dan lemak di dalam darah yang biasanya menjadi memicu stroke. Saat terjadi dehidrasi, aliran darah yang masuk dan keluar di otak tak seimbang. Pembuluh darah balik dari otak menuju serambi jantung mengalami kolaps atau kempot karena kekurangan cairan. Dalam jangka panjang, kolaps melambatkan aliran darah sehingga dapat memicu stroke."


Salah satu cara agar berat badan seimbang yaitu JANGAN mengurangi frekuensi makan anda menjadi 2x sehari atau malah hanya 1 kali saja, karena frekuensi makan yang tidak teratur atau kurang justru akan memperlambat metabolisme, bahkan bisa jadi penyakit maag akan menyerang Anda. Tetaplah makan dengan frekuensi minimal 3x sehari, yang perlu dikurangi adalah porsinya saja . Dan ingat, makanlah dengan menu seimbang.


Kunyit merupakan anti infeksi alami yang mampu merawat luka hingga kering dan sembuh. Bila gatal -gatal akibat ulat bulu muncul, cuci bersih kunyit dan parut bersama dengan kulitnya. Balurkan di tempat yang bentol dan gatal. Nyeri dan rasa panas akibat ulat bulu cenderung akan berkurang dan hilang. 


"Cuaca dingin, alergi debu merupaka faktor yang sering terjadi dan sebagai pemicu terjadinya serangan asma. Asma kerap kali menyerang disebabkan karena tenjadinya penyempitan pada saluran pernafasan. Buah anggur merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah asma atau sesak nafas, mengapa demikian ? sebab anggur mempunyai kekuatan assimilatory yang berfungsi meningkatkan kadar air dalam paru-paru sehingga saluran pernafasan bisa kembali normal.


"Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair)dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik untuk menetralkan keasaman lambung."


"Tomat kaya akan lycopene yang bersifat antioksidan. Kadar lycopene dalam tomat bahkan dapat meningkat hingga empat kali ketika dipanggang atau dipanaskan. Antioksidan inilah yang membantu melawan radikal bebas sehingga membuat anda lebih sehat dan tidak mudah sakit."


Selain untuk menghitamkan rambut kemiri juga bisa untuk mengatasi rambut rontok. Caranya:Tumbuk halus 5 biji kemiri ,tambahkan air secukupnya kemudian dimasak sambil diaduk-aduk sampai mengeluarkan minyak.Minyak kemiri tersebut dioleskan pada kulit kepala sambil dipijat dengan lembut.gunakan minyak kemiri minimal tiga kali seminggu.


"Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan dengan berdiet 4 (empat) buah pisang dan 4 (empat) gelas susu non fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan. Selain itu, diet tersebut membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih. "



" Bagi yang punya kulit/tumit kasar/pecah-pecah cukup gosokkan kulit pisang emas bagian dalam pada telapak tangan dan kaki yang kasar/pecah2 agar lebih halus."


 Mendengarkan musik dengan menggunakan earphone apalagi dengan volume yang terlalu keras bisa menyebabkan gangguan pada organ pendengaran. Paparan kebisingan di atas 100 dB selama lebih dari 1 jam setiap hari dalam waktu lima tahun dapat menyebabkan seseorang untuk menderita kehilangan pendengaran secara permanen."


Apel mengandung anti-oksidan yang disebut quercetin yang akan melindungi paru-paru dari polusi. Bagi anda yang perokok, kurangi merokok dan perbanyak konsumsi apel."


Merendam kaki dalam air hangat dicampur dengan garam Epsom (garam wangi) atau dengan minyak aromaterapi. Ini akan mengurangi kekakuan / sakit di telapak kaki, dan membuat tubuh lebih rileks. Dan dilanjutkan dengan mengoleskan krim pelembab pada kaki. Hal ini menghindari kaki menjadi terlalu kering akan menyebabkan kulit rusak di telapak kaki dan akhirnya membuat sakit kaki."



Tidak ada komentar:

Posting Komentar